Sehatik.com – Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan sangat mematikan di dunia. Pasalnya penyakit ini akan datang secara tiba-tiba tanpa diketahui sebelumnya oleh penderita, sehingga menyebabkan kematian secara mendadak. Oleh karena itu anda perlu mewaspadai sejak dini mengenai gejala penyakit jantung koroner sehingga bisa mencegah kejadian yang lebih fatal seperti serangan jantung.

Gejala Penyakit Jantung Koroner Ini Jangan Diabaikan, Bisa Berakibat Fatal

Pentingnya memahami gejala-gejala awal yang mengarah ke penyakit jantung koroner dan mendeteksinya sejak dini maka akan mendapatkan tindakan medis yang tepat sasaran. Tindakan pendeteksian penyakit jantung koroner itu dimulai dari diri sendiri dengan mengenali terlebih dahulu gejala-gejalanya, kemudian memeriksakannya ke Dokter spesialis Jantung untuk memastikan kesehatan jantung anda.

Baca Juga : 10 Cara Diet Alami : Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat

Gejala Penyakit Jantung Koroner Ini Jangan Diabaikan, Bisa Berakibat Fatal

Hingga saat ini sudah banyak kasus kematian mendadak yang diakibatkan oleh serangan jantung. Hal ini dikarenakan banyak orang yang terlambat sadar akan bahaya dan resiko penyakit jantung koroner ini, sehingga terlambat pula penanganannya secara medis. Padahal jika penyakit ini mendapatkan penanganan sejak dini, maka kecil kemungkinan akan berakibat fatal bagi penderitanya.



Jantung merupakan organ vital yang dimiliki tubuh. Jantung akan bekerja secara normal ketika aliran darah yang keluar dan masuk berjalan dengan lancar. Sedangkan penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah untuk membawa oksigen dan nutrisi ke jantung mengalami hambatan. Penyebab utama hambatan tersebut karena adanya penumpukan plak yang ditimbulkan oleh kolesterol berlebih.

Berikut ini beberapa gejala penyakit jantung koroner yang perlu anda waspadai dan jangan sampai diabaikan, karena dapat menimbulkan kejadian yang lebih fatal :

1. Dada Terasa Nyeri dan Panas

Dada terasa nyeri dan panas, biasanya rasanya sangat tidak nyaman bahkan bagi sebagian orang gejala ini dianggap sebagai sakit maag. Gejala seperti ini biasanya disebut dengan Angina atau kondisi ketika area otot jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Memang tidak semua nyeri dada dapat diasumsikan sebagai gejala penyakit jantung koroner, namun nyeri dada ini terasa lebih khas. Anda akan merasakan ada tekanan pada dada secara berlebih, ini akan dirasakan ketika anda sedang melakukan aktifitas berat atau terlalu capek. Pada sebagian orang, nyeri dada ini bisa diatasi dengan berhenti beraktifitas atau istirahat. Tapi jika penyakit sudah terlalu parah, walaupun sudah istirahat rasa nyeri masih terus ada.

2. Napas Terasa Lebih Pendek

Selain nyeri dada, penderita biasanya akan mengalami napas terasa lebih pendek sehingga mengakibatkan sesak napas. Hal ini terjadi dikarenakan adanya cairan yang masuk ke rongga udara paru-paru.

3. Cepat Lelah dan Pusing

Sirkulasi darah yang terganggu akibat adanya penyumbatan plak, maka penderita akan mengalami cepat lelah padahal aktifitas yang dilakukan tidak terlalu berat. Selain itu  biasanya akan diikuti dengan rasa pusing yang tidak normal atau bukan rasa pusing biasa.

4. Jantung Berdebar Lebih Kencang

Detak jantung normal adalah 60 hingga 70 denyut per menit, sedangkan penderita biasanya akan mengalami detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh penurunan aliran darah sehingga detak jantung tidak stabil.

Pada beberapa kasus, kondisi seperti ini bisa mengakibatkan penderita mengalami lemas bahkan hingga pingsan.

5. Berkeringat Dingin

Keringat dingin atau keringat berlebih ini terjadi ketika penderita tidak melakukan aktifitas apapun yang menimbulkan keringat. Ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah sehingga otot-otot jantung kekurangan okseigen sehingga tubuh akan mengeluarkan keringat berlebih yang dirasakan dingin.

Baca Juga : 10 Tips Cantik Alami : Bikin Wajah Mempesona Sepanjang Hari

Tindakan Setelah Mengetahui Gejala Penyakit Jantung Koroner

Jika tubuh anda mengalami beberapa gejala-gejala yang disebutkan di atas, maka segeralah melakukan tindakan tepat sasaran dengan memeriksakan kondisi tersebut ke dokter sepsialis jantung. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan apakah anda mengalami penyakit jantung koroner atau bahkan sebaliknya.

Gejala Penyakit Jantung Koroner Ini Jangan Diabaikan, Bisa Berakibat Fatal

Bagi anda yang memiliki faktor risiko terserang penyakit jantung koroner seperti kelebihan berat badan (obesitas), merokok, usia di atas 60 tahun, memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, dan menderita penyakit diabetes sangat dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan jantung anda sesegera mungkin.

Dokter spesialis jantung akan memeriksa kondisi kesehatan jantung anda dengan cara pemeriksaan fisik dan penunjang seperti EKG, Rontgen dada, ekokardiografi, dan angiografi jantung. Hal ini dilakukan agar penanganan medis bisa dilakukan dengan tepat sesuai dengan diagnosis.

Lakukan Pencegahan Dengan Pola Hidup Sehat

Mencegah adalah cara terbaik daripada mengobati. Namun masih banyak orang yang menganggap sepele untuk mencegah penyakit jantung atau bahkan banyak yang belum paham seperti apa cara mencegah penyakit jantung yang tepat.

Baca Juga : 10 Cara Hidup Sehat Yang Wajib Dijalankan Sejak Bangun Tidur

Penyakit jantung koroner lebih banyak disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat sehingga menyebabkan berbagai faktor resiko terserang penyakit tersebut. Oleh karena itu banyak dokter jantung menyarankan, mulailah biasakan hidup sehat setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here